Updating Direktori Penyedia Jasa Parwisata Kota Salatiga Tahun 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Salatiga

Untuk mendapatkan data BPS Kota Salatiga, silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Salatiga di Jl. Hasanudin Km. 01, Dukuh, Sidomukti Salatiga pada hari kerja (Senin-Kamis pukul 08.00-15.30 dan Jumat pukul 08.00-16.00)

Apabila anda membutuhkan layanan kami atau memiliki keluhan silahkan sampaikan melalui WA Layanan Aduan (WULAN) BPS Kota Salatiga dengan nomor: 089633030002

Guna identifikasi kebutuhan data konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas data, silakan isi Survei Kebutuhan Data pada tautan berikut: http://s.bps.go.id/SKD2024_BPS_Kota_Salatiga

Updating Direktori Penyedia Jasa Parwisata Kota Salatiga Tahun 2021

Updating Direktori Penyedia Jasa Parwisata  Kota Salatiga Tahun 2021

15 Maret 2021 | Kegiatan Statistik


Sektor pariwisata merupakan salah satu dari 5 (lima) sektor prioritas pembangunan nasional. Sehingga informasi/data  terkait  karakteristik usaha jasa pariwisata yang uptodate merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengetahui dan mengevaluasi keberhasilan pembangunan di sektor ini.

Usaha jasa pariwisata senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga diperlukan pemutakhiran data secara berkala untuk memperoleh informasi yang uptodate tentang keberadaan dan karakteristik usaha jasa pariwisata.

Pemutakhiran data penyedia jasa pariwisata dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik, pada bulan Januari sampai dengan Maret  pada  kegiatan “ Updating Direktori Penyedia Jasa Pariwisata”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memelihara tersedianya informasi keberadaan usaha penyedia jasa pariwisata yang masih aktif yang berguna sebagai kerangka sampel berbagai survey sekaligus bermanfaat untuk keperluan lain terkait Statistik Pariwisata.

Updating Direktori Penyedia Jasa Pariwisata  dilakukan dengan mengutip data administratif yang tersedia di berbagai instansi/lembaga seperti Dinas Pariwisata, DPMPTSP, serta berdasarkan informasi dari situs web. Selanjutnya dilakukan matching antara data yang diperoleh dari berbagai macam sumber tersebut dengan direktori usaha jasa pariwisata yang ada di BPS, kemudian  dilakukan pengecekan lapangan untuk memastikan adanya usaha baru atau usaha yang tutup.

Cakupan penyedia jasa pariwisata meliputi : daya tarik wisata, kawasan pariwisata, jasa transportasi wisata, jasa perjalanan wisata, jasa makanan dan minuman, penyedia akomodasi, penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, jasa informasi pariwisata, jasa konsultasi pariwisata, jasa pramuwisata dan interpreter wisata, wisata tirta, serta aktivitas kebugaran. Namun karena luasnya cakupan kegiatan usaha jasa pariwisata dan terbatasnya waktu kegiatan update, maka  saat ini fokus kegiatan  diutamakan pada penyedia akomodasi dan penyedia makanan dan minuman.

Kegiatan update tahun ini berhasil mengidentifikasi relatif banyak usaha baru baik “penyedia akomodasi’ maupun “penyedia makanan dan minuman” di Kota Salatiga. Besar kemungkinan usaha jasa pariwisata masih akan terus bertambah karena Kota Salatiga yang berada di persimpangan Joglosemar (Jogja – Solo – Semarang) yang ramai dilintasi para wisatawan.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Salatiga

Jl. Hasanudin Km 01 Dukuh Sidomukti Salatiga 50722

Telp/Fax (0298) 326319 Mailbox : bps3373@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik