24 Juni 2021 | Kegiatan Statistik
Pasar sebagai salah satu sarana distribusi barang dan
jasa mempunyai peran penting dalam kegiatan perekonomian, baik bagi produsen,
pelaku kegiatan perdagangan, maupun konsumen. Seiring berkembangnya pusat
perbelanjaan dan toko swalayan, pasar rakyat menghadapi tantangan terutama dari
sisi sarana dan prasarana, yang mengakibatkan menurunnya jumlah konsumen.
Revitalisasi memungkinkan untuk mengangkat kembali peran pasar rakyat sebagai
pondasi dasar perekonomian suatu wilayah. Lebih dari itu, pasar rakyat
diharapkan mampu berkompetisi dengan pasar modern.
Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, telah melakukan
revitalisasi di beberapa pasar rakyat. Salah
satunya adalah Pasar Ayam. Pasar percontohan los ayam higienis di Kompleks
Pasar Raya I yang dahulunya mangkrak karena telah ditinggalkan pedagang,
kondisinya kotor, kumuh, dan sebagian bangunan rusak lantaran tak terawat.
Sebagian pedagang memilih berjualan di pinggir jalan karena kondisi pasar tak representatif,
kurang luas, dan minim ventilasi. Kini kondisi pasar tersebut sudah berbeda
jauh.
Peninjauan terhadap profil pasar rakyat perlu
dilakukan, yakni profil mengenai keadaan fisik maupun sumber daya lain yang
menggambarkan kelayakan dari setiap aspek yang menyangkut kegiatan perdagangan
secara langsung, seperti manajemen suplai barang, pembinaan, akses keuangan,
aspek keamanan, kenyamanan dan kesehatan para pelaku perdagangan di pasar. BPS
melakukan Survei Profil Pasar 2021 dengan tujuan untuk memperoleh gambaran
profil pasar rakyat sebelum dan setelah revitalisasi, menganalisis perubahan
yang terjadi pada empat dimensi revitalisasi pasar rakyat, dan menyusun indeks
komposit yang mengukur manfaat revitalisasi pasar rakyat.
Survei Profil Pasar 2021 di Kota Salatiga dilakukan oleh 1 orang Petugas
Pencacah dan 1 orang Petugas Pengawas di 2 pasar rakyat yang telah direvitalisasi
dan saat ini sudah operasional, yaitu Pasar Andong dan Pasar Ayam. Pendataan
dilakukan dengan wawancara kepada pengelola pasar, sekitar 10 s.d. 15 pedagang
tiap pasar, dan sekitar 10 konsumen tiap pasar. Pelaksanaan Survei Profil Pasar
kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Survei dilakukan dengan
optimalisasi penggunaan teknologi yaitu melalui Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), dengan harapan proses
pengumpulan data menjadi lebih cepat dan efisien, lebih objektif, dan rekapitulasi
data lebih cepat. Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi
& rekomendasi kebijakan lebih lanjut.
Berita Terkait
Pendataan Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI 2021) Kota Salatiga
Penerimaan Calon Petugas Sensus/Survei BPS Kota Salatiga TA 2021
SAKERNAS FEBRUARI 2021 KOTA SALATIGA
SUSENAS MARET 2021 KOTA SALATIGA
PELAKSANAAN SAKERNAS AGUSTUS 2021 KOTA SALATIGA
Perilaku 5 M di Masyarakat Salatiga (hasil Survei Covid Juli 2021)
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kota Salatiga
Jl. Hasanudin Km 01 Dukuh Sidomukti Salatiga 50722
Telp/Fax (0298) 326319 Mailbox : bps3373@bps.go.id
Tentang Kami